SOAL

  1. Istilah lain pengetahuan budaya adalah ?
    1. The humanities
    2. The hemavities
    3. Basic humanities
    4. Homo humanties

Jawaban : A

  1. IBD dikembangkan di Indonesia sebagai istilah ?
    1. The humanities
    2. The hemafities
    3. Basichumanities
    4. Homo humanties

Jawaban : C

  1. Tujuan IBD adalah ?
    1. memeperlancar mahasiswa dalam menyelesaikan program studinya
    2. mempermudah mahasiswa dalam mencerna berbagai macam masalah – masalah budaya
    3. memeperhalus penghayatan mahasiswa dalam menagkap fenomena alam sekitarnya
    4. mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memeperluas wawasan pemikirannya serta kemampuan kritikalnya terhadap masalah – masalah budaya sehingga daya tanggap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya manusia dapat menjadi lebih manusiawi.

Jawaban : D

  1. Dengan mempelajari IBD para maasiswa diharapkan dapat menemukan ?
    1. Berbagai masalah kemanusiaan dan masalah budaya disekitarnya
    2. Nilai – nilai luhur yang terdapat dalam kehidupan manusia
    3. Karya –karya budaya dan prilaku mannusia sehingga mampu mengatasi masalah – masalah manusia dan budaya
    4. Berbagai sikap, nilai harga diri dan sifatkemanusiaan yang sangat bermanfaat untuk memperdalam dan memperluas persepsi, tanggapan wawasan dan penalaran sehingga mampu memperluas budi pekerti dan tanggap terhadap masalah masalah budaya disekitarnya

Jawaban : D

  1. IBD adalah ?
    1. Pengetahuan budaya
    2. Pengetahuan sikap prilaku manusia didalam kehidupan sehari – hari
    3. Pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah –masala manusia dengan budaya
    4. Pengetahuan yang menjdai dasar dalam penanaman sikap, prilaku, kepada mahasiswa agar bisa bersosialisai dengan masyarakat disekitarnya terutama dalam menghadapi masalah – masalah budaya

Jawaban : C

  1. Masalah budaya dalam kajian IBD adalah ?
    1. Berbagai aspek kehiupan yang ada didunia ini
    2. Masalah – masalah perubahan system nilai budaya
    3. Pengungkapan peristiwa dan pernyataan yang dianggap unik
    4. Untuk mengetahui keteraturan – keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia

Jawaban : A

  1. Masalah kemanusiaan dalam kajian IBD adalah ?
    1. Masalah yang melibatkan dirinya sendiri sebagai bagian dari kehidupan bersama didalam masyarakat karena itu dikembangkan sikap hormat dan bekerja sama dengan manusia lainnya
    2. Masalah yang biasa terjadi dalam kehidupan bersama baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat
    3. Masalah mengenai akibat negatif dari perubahan sistem nilai budaya
    4. Masalah budaya manusia yang patut untuk disikapi oleh semua manusia diseluruh dunia ini.

Jawaban : D

  1. IBD dapat digolongkan dalam ilmu pengetahuan
    1. Alamiah (natural science)
    2. Budaya (humanities)
    3. Sosial (social science)
    4. Semua benar

Jawaban : D

  1. Daya rasa ( perasaan ) didalam diri manusia itu ada dua macam yaitu ?
    1. Perasaan inderawi dan perasaan intelektual
    2. Perasaan estetis dan etis
    3. Perasaan diri dan sosial
    4. Perasaan inderawi dan rohani

Jawaban : D

  1. Perasaan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia seperti dibawah ini kecuali ?
    1. Perasaan intelektual
    2. Perasaan sosial
    3. Perasaan diri
    4. Perasaan takut

Jawaban : D

  1. Apabila seseorang memiliki kelebihan pada dirinya, ia merasa tinggi hati , angkuh dan sombong , sebaliknya apabila ada kekurangan dalam dirinya ia merasa renah diri. Hal ini berkaitan dengan perasaan luhur yang terdapat pada manusia yaitu ?
    1. Perasaan simpati
    2. Perasaan rohani
    3. Perasaan diri
    4. Perasaan sosial

Jawaban : C

  1. Seorang merasa senang atau puas apabila ia dapat mengetahui sesuatu, sebaliknya tidak senang dan tidak puas apabila ia tidak berhasil mengetahui sesuatu. Hal ini berkaitan dengan perasaan luhur yang terdapat pada manusia yaitu ?
    1. Perasaan diri
    2. Perasaan estetis
    3. Perasaan religius
    4. Perasaan sosial

Jawaban : D

  1. Orang yang lebih dikendalikan oleh ID – nya dibanding dengan Super ego – nya adalah ?
    1. Orang yang suka menyangkal
    2. Oran yang berfikirnya positive thinking
    3. Orang yang senang dengan penyimpangan nilai – nilai masyarakat
    4. Orang yang suka menyakiti dirinya sendiri

Jawaban : C

  1. Yang disebut kepribadian eksekutif adalah ?
    1. ID
    2. Ego
    3. Super Ego
    4. Supra Ego

Jawaban : B

  1. Manusia disebut makhluk ekologi karena ?
    1. Manusia hidup bersama manusia lainnya
    2. Manusia saling ketergantungan dengan budaya hasil ciptaannya
    3. Manusia punya sifat alamiah untuk tunduk pada hokum alamiah pula
    4. Manuasia selalu berhubungan dengan Tuhannya

Jawaban : C

  1. Menurut Selo Soemarjan kebudayaan adalah ?
    1. Semua hasil karya, rasa dan karsa
    2. Manifestasi hasil penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas – luasnya
    3. Keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar
    4. Semua sikap & prilaku manusia

Jawaban : A

  1. Yang termasuk culture determinism adalah ?
    1. Kota pariwisata adalah Bali, Jakarta , Bandung
    2. Mahasiswa Gunadarma banyak yang dapat beasiswa sekolah ke luar negeri
    3. Kampus Gunadarma di Depok letaknya bersebelahan dengan kampus UI
    4. Depok sekarang macet

Jawaban : A

  1. Kebudayaan sebagai super –organik, mksudnya ?
    1. Kebudayaan sebagai hasil semua manusia
    2. Kebudayaan merupakan wujud peradaban manusia
    3. Kebudayaan turun – temurun dari generasi ke generasi hidup terus
    4. Kebudayaan bersifat statis

Jawaban : C

  1. Wujud kebudayaan adalah…
    1. Kompleks gagasan, kompleks sosial, dan wujud sebagai benda
    2. Kompleks gagasan, kompleks aktifitas, dan wujud sebagai benda
    3. Kompleks aktifitas, kompleks sosial, dan wujud sebagai benda
    4. Kompleks aktifitas, wujud sebagai benda dan wujud utama

Jawaban : B

  1. Kompleks aktifitas dari system religi adalah ?
    1. Upacara – upacara keagamaan
    2. Pemikiran tentang Tuhan, tentang sorga dan neraka
    3. Peninggalan – peningalan yang bersifat religious
    4. Kitab suci

Jawaban : A

  1. Kompleks aktifitas dari system ekonomi adalah…
    1. Kebijakan dibidang moneter
    2. Komoditi ekonomi
    3. Kegiatan jual – beli
    4. Barang – barang ekonomi seperti sandang pangan

Jawaban : C

  1. Wujud sebagai benda dari system kesenian adalah…
    1. Ide, gagasan tentang kesenian
    2. Barang – barang hasil seni seperti ukiran, lukisan dsb.
    3. Perjanjian kontrak antara seniman dan produser
    4. Pementasan hasil karya seni

Jawaban : B

  1. Unsur kebudayaan besar ( cultural universal ) dapat dijabarkan menjadi bagian yang lebih kecil, yaitu bagian yang paling kecil yang sudah tak bisa dibagi – bagi lagi disebut…
    1. Cultural activity
    2. Trait
    3. Items
    4. Compleks

Jawaban : C

  1. Bila kebudayaan asli cukup kuat, pengaruh kebudayaan luar lemah maka…
    1. Kebudayaan asli tetap bertahan
    2. Kebudayaan luar akan hilang
    3. Kebudayaan asli akan punah
    4. Kebudayaa luar akan bertahan

Jawaban : A

  1. Konsekuensi indonesia yang terletak pada posisi silang terhadap kebudayaan adalah…
    1. Menghilangkan kebudayaan asli
    2. Menolak masuknya kebudayaan asing
    3. Memperoleh pengaruh luar yang besar
    4. Memperoleh pengaruh luar yang kecil

Jawaban : C

  1. Kesenian adalah hasil manusia sebagai…
    1. Homo sapiens
    2. Homo aesteticus
    3. Homo socius
    4. Homo lunguens

Jawaban : B

  1. Pencampuran dua kebudayaan atau lebih tetapi unsur – unsur kebudayaan yang tercampurkan masih Nampak disebut ?
    1. Modernisasi
    2. Akulturasi
    3. Culture change
    4. Generalisasi

Jawaban : B

  1. Dibawah ini adalah macam –macam norma, kecuali…
    1. Cara ( usage )
    2. Tata kelakuan ( mores )
    3. Adat istiadat (custom )
    4. Hukum ( volkways)

Jawaban : D

  1. Secara umum sifat kebudayaan adalah…
    1. Statis
    2. Dinamis
    3. Fleksibel
    4. Obyetif

Jawaban : B

  1. Kebudayaan akan cenderung berubah lebih cepat apabila…
    1. Lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup berada dimasyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur – jalur hubungan dengan kebudayaan lain
    2. Lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup berada dimasyarakat yang hidupnya tertutup, yang berada dalam jalur – jalur hubungan yang tertutup pula dengan kebudayaan lain
    3. Masyarakat terisolir sehingga beban untuk berkreatifitas untuk mengembangkan kebudayaan sendiri
    4. Masyarakat penuh inisiatif terhadap perkembangan kebudayaan yang ada disekelilingnya

Jawaban : A

  1. Unsur kebudayaan yang sulit diterim oleh suatu masyarakat adalah…
    1. Unsur – unsur yang menyangkut system kepercayaan seperti ideologi
    2. Unsur – unsur kebudayaan kebendaan
    3. Unsur – unsur kebudayaan yang bisa merusak generasi muda
    4. Unsur – unsur yang tidk bermanfaat

Jawaban : A

  1. Peranan sastra dalam perkuliahan IBD adalah…
    1. Sastra diajarkan sebagai mata kuliah khusus sehingga mahasiswa mengerti akan teori sastra
    2. Sastra diajarkan sebagai mata kuliah tambahan sehingga mahasiswa lebih mengerti tentang teori sastra
    3. Sastra digunakan sebagai alat dan sumber belajar untuk membahas masalah – masalah kemanusiaan agar mahasiswa menjadi lebih humanus
    4. Sastra dignakan sebagi bahan perkuliahan agar mahasiswa menjadi sastrawan

Jawaban : C

  1. Nilai – nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra adalah sebagai berikut, kecuali…
    1. Sastra memberikan warisan kultural
    2. Sastra memberikan informasi
    3. Sastra memberikan keseimbangan wawasan
    4. Sastra memberikan keinsyafan individu

Jawaban : C

  1. Novel yang berlatarbelakang perjuangan jiwa – jiwa kepahlawanan, impian – impian, harapan – harapan, aspirasi – aspirasi dari generasi terdahulu yang seharusnya dapat dihayati oleh generasi terkini, maka novel – novel tersebut memberikan kepada pembacanya…
    1. Keseimbangan wawasan
    2. Warisan kultural
    3. Kesenangan
    4. Informasi

Jawaban : B

  1. Cinta tingkat tetinggi adalah…
    1. Cinta kepada Tuhan, Rosululloh dan jihad dijalan Allah
    2. Cinta kepada orang tua, suami / istri, anak, saudara dan kerabat
    3. Cinta kepada sang kekasih
    4. Cinta kepada gelar, jabatan , kedudukan dan harta bendanya

Jawaban : A

  1. Pada hakekatnya orang bersenbahyang itu…
    1. Berkomunikasi kepada Tuhannya
    2. Mohon ampun atas segala dosanya
    3. Minta dikabulkan semua doa – doanya
    4. A, B, dan C benar

Jawaban : B

  1. Orang mempunyai belas kasihan terhadap sesame atas dasar…
    1. Mebgenal baik
    2. Penderitaan yang dialami
    3. Kedudukan dalam masyarakat
    4. Orangnya baik

Jawaban : B

  1. Hikmah cinta adalah seperiti dibawah ini, kecuali…
    1. Pendorong dan pembangkit yang paling besar di dalam melestarikan kehidupan lingkungan , kalau bukan karena cinta tentu manusia tisak akan perbah terdorong gairah hidupnya untuk mewujudkan apa yang dicita- citakan
    2. Factor utam didalam kelanjutan hidup manusia dalam kenal – mengenal antar manusia antar mereka juga untuk saling memanfaatkan kemajuan bangsa
    3. Pengikat yang paling kuat didalam hubungan anatar anggota keluarga, kerukunan brmasyarakat, mengasihi sesama makhluk hidup, menegakkan keimanan, ketentraman dan keselamatan dipenjuru bumi
    4. Kesempatan emas buat pemuda pemudi untuk memadu cinta

Jawaban : C

  1. Kemampuan negatif bagi seniman yang mapu menciptakan keindahan adalah sebagai berikut, kecuali…
    1. Kemampuan untuk selalu ragu – ragu
    2. Gelisah tida menentu, was –was
    3. Selalu dalam keadaan mencari, selalu berjuang untuk menciptakan keindahan
    4. Merasa puas dengan hasil karyanya

Jawaban : C

  1. Dibawah ini ternasu k nilai ekstrinsik, kecuali…
    1. Baju itu motifnya bagus
    2. Warnanya serasi dengan kulitnya
    3. Modelnya bagus, pas dengan bentuk tubunya
    4. Dipakai untuk menutup aurat, melindungi dari rasa panas dan dingin

Jawaban : A

  1. Teori subyektif pada keindahan mengatakan…
    1. Ciri –ciri yang menyatakan keindahan itu tidak ada, yang ada hanya perasaan diri seseorang yang mengamati saja
    2. Ciri –ciri keindahan itu memang ada terletak pada bendanya itu sendiri
    3. Secara umum orang mengatakan bahwa keindahan pada itu memang ada
    4. Kendahan yang terlihat nyata

Jawaban : B

  1. Unsur pertentangan yang mengandung pengertian serasi adalah…
    1. Ani pakai baju merah, tas merah , sepatu merah , sehinggakelihtan serasi sekali
    2. Rumah bagus itu diantara bangunan dengan luas tanah ukurannya seimbang sehingga kelihatan serasi bila sedang berjalan bersama
    3. Anton badannya tinggi, punya pacar badannya tinggi pula sehingga kelihatan serasi bila sedang berjalan bersama
    4. Dosennya menerangkan, mahasiswanya mendengarkan sehingga trcipta suasana yang serasi dilelas itu

Jawaban : D

  1. Alasan / motivasi tujuan seniman menciptakan keidahan adalah sebagai berikut dibawah ini, kecuali…
    1. Tata nilai yang telah usang dan kemerosotan jaman yang harus segera disingkirkan melalui protes para seniman yang diungkapakan dalam karya seninya
    2. Karena penderitaan manusia yang biasanya sebagai akibat nafsu, ingin berkuasa, serakah, tidak berhati – hati dsb. Sehingga keadaan yang demikian inilah tidak menyenangkan karena nilai kemanusiaan telah diabaikan hal ini harus dilenyapkan, hal ini kemudian diungkapkan lewat karya – karya seninya
    3. Karena keagungan Tuhan yang dibuktikan dengan melalui keindahan alam dan keteraturan serta kejadian –kejadian pada alam sehingga karena kakagumannya para seniman menirunya lewat karya – karya seninya
    4. Karena untuk menghibur dirinya bagi para seniman agar hidupnya tidak jenuh

Jawaban : D

  1. Phobia merupakan sakit…
    1. Fisik
    2. Psikis
    3. Anatomi
    4. Keturunan

Jawaban : B

  1. Claustrophobia adalah…
    1. Rasa takut pada ruangan tertutup
    2. Rasa takut terhadap ruangan terbuka
    3. Rasa takut bila berada ditempat tinggi
    4. Rasa takut terhadap kegagalan

Jawaban : A

  1. Sebab –sebab terjadinya kekalutan mental adalahseperti tersebut dibawah in, kecuali…
    1. Kepribadian yang lemah
    2. Terjadinya konflik sosial budaya
    3. Cara pematangan batin yang salah
    4. Cara mengatur pola makan yang salah

Jawaban : D

  1. Kekalutan mental bisa mendorong seseorang kearah positif yaitu seperti…
    1. Usaha agar tetap survive dalam hidupnya seperti dengan melakukan sholat tahujud
    2. Trauma yang dialami diperlarutkan sehingga yang bersangkutan mengalami frustasi
    3. Acuh tak acuh dalam menghadapi kesuitan
    4. Tidak peduli dengan apa yang menimpa dirinya

Jawaban : A

  1. Agresif adalah bentuk – bentuk frustasi yang ditandai dengan…
    1. Berupa kemarahan yang meluap – luap akibat emosi yang tidak terkendali
    2. Pembatasan pada suatu pola reaksi yang sama seperti misalnya dengan membisu, memukul – mukul dada sendiri atau membnturkan – benturkan kepala pada benda keras
    3. Kembali pada pola reaksi yang primitive / kekanak – kanakan sepeerti menjerit – jerit , menangis meraung – raung atau memecahkan barang – barang
    4. Gejala menutup diri secara total dari dunia luar, tidalk berkomunikasi dengan orang lain, ia puas dengan fantasinya sendiri

Jawaban : A

  1. Pada jaman teknologi modern sekarang ini berita penderitaan cepat tersebar luas kepenjuru dunia, hal ini…
  2. Menguntungkan karena dapat menyentuh hati pembacanya atau pedengarnya
  3. Merugikan karena penderitaan diri sendiri tak perlu diketahui orang lain
  4. Hal yang memaluka karenanya tak perlu diberitakan
  5. Biasa – biasa saja karena tidak ada pengaruhnya

Jawaban : A

SOAL

  1. Istilah lain pengetahuan budaya adalah ?
    1. The humanities
    2. The hemavities
    3. Basic humanities
    4. Homo humanties

Jawaban : A

  1. IBD dikembangkan di Indonesia sebagai istilah ?
    1. The humanities
    2. The hemafities
    3. Basichumanities
    4. Homo humanties

Jawaban : C

  1. Tujuan IBD adalah ?
    1. memeperlancar mahasiswa dalam menyelesaikan program studinya
    2. mempermudah mahasiswa dalam mencerna berbagai macam masalah – masalah budaya
    3. memeperhalus penghayatan mahasiswa dalam menagkap fenomena alam sekitarnya
    4. mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memeperluas wawasan pemikirannya serta kemampuan kritikalnya terhadap masalah – masalah budaya sehingga daya tanggap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya manusia dapat menjadi lebih manusiawi.

Jawaban : D

  1. Dengan mempelajari IBD para maasiswa diharapkan dapat menemukan ?
    1. Berbagai masalah kemanusiaan dan masalah budaya disekitarnya
    2. Nilai – nilai luhur yang terdapat dalam kehidupan manusia
    3. Karya –karya budaya dan prilaku mannusia sehingga mampu mengatasi masalah – masalah manusia dan budaya
    4. Berbagai sikap, nilai harga diri dan sifatkemanusiaan yang sangat bermanfaat untuk memperdalam dan memperluas persepsi, tanggapan wawasan dan penalaran sehingga mampu memperluas budi pekerti dan tanggap terhadap masalah masalah budaya disekitarnya

Jawaban : D

  1. IBD adalah ?
    1. Pengetahuan budaya
    2. Pengetahuan sikap prilaku manusia didalam kehidupan sehari – hari
    3. Pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep – konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah –masala manusia dengan budaya
    4. Pengetahuan yang menjdai dasar dalam penanaman sikap, prilaku, kepada mahasiswa agar bisa bersosialisai dengan masyarakat disekitarnya terutama dalam menghadapi masalah – masalah budaya

Jawaban : C

  1. Masalah budaya dalam kajian IBD adalah ?
    1. Berbagai aspek kehiupan yang ada didunia ini
    2. Masalah – masalah perubahan system nilai budaya
    3. Pengungkapan peristiwa dan pernyataan yang dianggap unik
    4. Untuk mengetahui keteraturan – keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia

Jawaban : A

  1. Masalah kemanusiaan dalam kajian IBD adalah ?
    1. Masalah yang melibatkan dirinya sendiri sebagai bagian dari kehidupan bersama didalam masyarakat karena itu dikembangkan sikap hormat dan bekerja sama dengan manusia lainnya
    2. Masalah yang biasa terjadi dalam kehidupan bersama baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat
    3. Masalah mengenai akibat negatif dari perubahan sistem nilai budaya
    4. Masalah budaya manusia yang patut untuk disikapi oleh semua manusia diseluruh dunia ini.

Jawaban : D

  1. IBD dapat digolongkan dalam ilmu pengetahuan
    1. Alamiah (natural science)
    2. Budaya (humanities)
    3. Sosial (social science)
    4. Semua benar

Jawaban : D

  1. Daya rasa ( perasaan ) didalam diri manusia itu ada dua macam yaitu ?
    1. Perasaan inderawi dan perasaan intelektual
    2. Perasaan estetis dan etis
    3. Perasaan diri dan sosial
    4. Perasaan inderawi dan rohani

Jawaban : D

  1. Perasaan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat pada manusia seperti dibawah ini kecuali ?
    1. Perasaan intelektual
    2. Perasaan sosial
    3. Perasaan diri
    4. Perasaan takut

Jawaban : D

  1. Apabila seseorang memiliki kelebihan pada dirinya, ia merasa tinggi hati , angkuh dan sombong , sebaliknya apabila ada kekurangan dalam dirinya ia merasa renah diri. Hal ini berkaitan dengan perasaan luhur yang terdapat pada manusia yaitu ?
    1. Perasaan simpati
    2. Perasaan rohani
    3. Perasaan diri
    4. Perasaan sosial

Jawaban : C

  1. Seorang merasa senang atau puas apabila ia dapat mengetahui sesuatu, sebaliknya tidak senang dan tidak puas apabila ia tidak berhasil mengetahui sesuatu. Hal ini berkaitan dengan perasaan luhur yang terdapat pada manusia yaitu ?
    1. Perasaan diri
    2. Perasaan estetis
    3. Perasaan religius
    4. Perasaan sosial

Jawaban : D

  1. Orang yang lebih dikendalikan oleh ID – nya dibanding dengan Super ego – nya adalah ?
    1. Orang yang suka menyangkal
    2. Oran yang berfikirnya positive thinking
    3. Orang yang senang dengan penyimpangan nilai – nilai masyarakat
    4. Orang yang suka menyakiti dirinya sendiri

Jawaban : C

  1. Yang disebut kepribadian eksekutif adalah ?
    1. ID
    2. Ego
    3. Super Ego
    4. Supra Ego

Jawaban : B

  1. Manusia disebut makhluk ekologi karena ?
    1. Manusia hidup bersama manusia lainnya
    2. Manusia saling ketergantungan dengan budaya hasil ciptaannya
    3. Manusia punya sifat alamiah untuk tunduk pada hokum alamiah pula
    4. Manuasia selalu berhubungan dengan Tuhannya

Jawaban : C

  1. Menurut Selo Soemarjan kebudayaan adalah ?
    1. Semua hasil karya, rasa dan karsa
    2. Manifestasi hasil penjelmaan kerja jiwa manusia dalam arti seluas – luasnya
    3. Keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar
    4. Semua sikap & prilaku manusia

Jawaban : A

  1. Yang termasuk culture determinism adalah ?
    1. Kota pariwisata adalah Bali, Jakarta , Bandung
    2. Mahasiswa Gunadarma banyak yang dapat beasiswa sekolah ke luar negeri
    3. Kampus Gunadarma di Depok letaknya bersebelahan dengan kampus UI
    4. Depok sekarang macet

Jawaban : A

  1. Kebudayaan sebagai super –organik, mksudnya ?
    1. Kebudayaan sebagai hasil semua manusia
    2. Kebudayaan merupakan wujud peradaban manusia
    3. Kebudayaan turun – temurun dari generasi ke generasi hidup terus
    4. Kebudayaan bersifat statis

Jawaban : C

  1. Wujud kebudayaan adalah…
    1. Kompleks gagasan, kompleks sosial, dan wujud sebagai benda
    2. Kompleks gagasan, kompleks aktifitas, dan wujud sebagai benda
    3. Kompleks aktifitas, kompleks sosial, dan wujud sebagai benda
    4. Kompleks aktifitas, wujud sebagai benda dan wujud utama

Jawaban : B

  1. Kompleks aktifitas dari system religi adalah ?
    1. Upacara – upacara keagamaan
    2. Pemikiran tentang Tuhan, tentang sorga dan neraka
    3. Peninggalan – peningalan yang bersifat religious
    4. Kitab suci

Jawaban : A

  1. Kompleks aktifitas dari system ekonomi adalah…
    1. Kebijakan dibidang moneter
    2. Komoditi ekonomi
    3. Kegiatan jual – beli
    4. Barang – barang ekonomi seperti sandang pangan

Jawaban : C

  1. Wujud sebagai benda dari system kesenian adalah…
    1. Ide, gagasan tentang kesenian
    2. Barang – barang hasil seni seperti ukiran, lukisan dsb.
    3. Perjanjian kontrak antara seniman dan produser
    4. Pementasan hasil karya seni

Jawaban : B

  1. Unsur kebudayaan besar ( cultural universal ) dapat dijabarkan menjadi bagian yang lebih kecil, yaitu bagian yang paling kecil yang sudah tak bisa dibagi – bagi lagi disebut…
    1. Cultural activity
    2. Trait
    3. Items
    4. Compleks

Jawaban : C

  1. Bila kebudayaan asli cukup kuat, pengaruh kebudayaan luar lemah maka…
    1. Kebudayaan asli tetap bertahan
    2. Kebudayaan luar akan hilang
    3. Kebudayaan asli akan punah
    4. Kebudayaa luar akan bertahan

Jawaban : A

  1. Konsekuensi indonesia yang terletak pada posisi silang terhadap kebudayaan adalah…
    1. Menghilangkan kebudayaan asli
    2. Menolak masuknya kebudayaan asing
    3. Memperoleh pengaruh luar yang besar
    4. Memperoleh pengaruh luar yang kecil

Jawaban : C

  1. Kesenian adalah hasil manusia sebagai…
    1. Homo sapiens
    2. Homo aesteticus
    3. Homo socius
    4. Homo lunguens

Jawaban : B

  1. Pencampuran dua kebudayaan atau lebih tetapi unsur – unsur kebudayaan yang tercampurkan masih Nampak disebut ?
    1. Modernisasi
    2. Akulturasi
    3. Culture change
    4. Generalisasi

Jawaban : B

  1. Dibawah ini adalah macam –macam norma, kecuali…
    1. Cara ( usage )
    2. Tata kelakuan ( mores )
    3. Adat istiadat (custom )
    4. Hukum ( volkways)

Jawaban : D

  1. Secara umum sifat kebudayaan adalah…
    1. Statis
    2. Dinamis
    3. Fleksibel
    4. Obyetif

Jawaban : B

  1. Kebudayaan akan cenderung berubah lebih cepat apabila…
    1. Lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup berada dimasyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur – jalur hubungan dengan kebudayaan lain
    2. Lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup berada dimasyarakat yang hidupnya tertutup, yang berada dalam jalur – jalur hubungan yang tertutup pula dengan kebudayaan lain
    3. Masyarakat terisolir sehingga beban untuk berkreatifitas untuk mengembangkan kebudayaan sendiri
    4. Masyarakat penuh inisiatif terhadap perkembangan kebudayaan yang ada disekelilingnya

Jawaban : A

  1. Unsur kebudayaan yang sulit diterim oleh suatu masyarakat adalah…
    1. Unsur – unsur yang menyangkut system kepercayaan seperti ideologi
    2. Unsur – unsur kebudayaan kebendaan
    3. Unsur – unsur kebudayaan yang bisa merusak generasi muda
    4. Unsur – unsur yang tidk bermanfaat

Jawaban : A

  1. Peranan sastra dalam perkuliahan IBD adalah…
    1. Sastra diajarkan sebagai mata kuliah khusus sehingga mahasiswa mengerti akan teori sastra
    2. Sastra diajarkan sebagai mata kuliah tambahan sehingga mahasiswa lebih mengerti tentang teori sastra
    3. Sastra digunakan sebagai alat dan sumber belajar untuk membahas masalah – masalah kemanusiaan agar mahasiswa menjadi lebih humanus
    4. Sastra dignakan sebagi bahan perkuliahan agar mahasiswa menjadi sastrawan

Jawaban : C

  1. Nilai – nilai yang diperoleh pembaca lewat sastra adalah sebagai berikut, kecuali…
    1. Sastra memberikan warisan kultural
    2. Sastra memberikan informasi
    3. Sastra memberikan keseimbangan wawasan
    4. Sastra memberikan keinsyafan individu

Jawaban : C

  1. Novel yang berlatarbelakang perjuangan jiwa – jiwa kepahlawanan, impian – impian, harapan – harapan, aspirasi – aspirasi dari generasi terdahulu yang seharusnya dapat dihayati oleh generasi terkini, maka novel – novel tersebut memberikan kepada pembacanya…
    1. Keseimbangan wawasan
    2. Warisan kultural
    3. Kesenangan
    4. Informasi

Jawaban : B

  1. Cinta tingkat tetinggi adalah…
    1. Cinta kepada Tuhan, Rosululloh dan jihad dijalan Allah
    2. Cinta kepada orang tua, suami / istri, anak, saudara dan kerabat
    3. Cinta kepada sang kekasih
    4. Cinta kepada gelar, jabatan , kedudukan dan harta bendanya

Jawaban : A

  1. Pada hakekatnya orang bersenbahyang itu…
    1. Berkomunikasi kepada Tuhannya
    2. Mohon ampun atas segala dosanya
    3. Minta dikabulkan semua doa – doanya
    4. A, B, dan C benar

Jawaban : B

  1. Orang mempunyai belas kasihan terhadap sesame atas dasar…
    1. Mebgenal baik
    2. Penderitaan yang dialami
    3. Kedudukan dalam masyarakat
    4. Orangnya baik

Jawaban : B

  1. Hikmah cinta adalah seperiti dibawah ini, kecuali…
    1. Pendorong dan pembangkit yang paling besar di dalam melestarikan kehidupan lingkungan , kalau bukan karena cinta tentu manusia tisak akan perbah terdorong gairah hidupnya untuk mewujudkan apa yang dicita- citakan
    2. Factor utam didalam kelanjutan hidup manusia dalam kenal – mengenal antar manusia antar mereka juga untuk saling memanfaatkan kemajuan bangsa
    3. Pengikat yang paling kuat didalam hubungan anatar anggota keluarga, kerukunan brmasyarakat, mengasihi sesama makhluk hidup, menegakkan keimanan, ketentraman dan keselamatan dipenjuru bumi
    4. Kesempatan emas buat pemuda pemudi untuk memadu cinta

Jawaban : C

  1. Kemampuan negatif bagi seniman yang mapu menciptakan keindahan adalah sebagai berikut, kecuali…
    1. Kemampuan untuk selalu ragu – ragu
    2. Gelisah tida menentu, was –was
    3. Selalu dalam keadaan mencari, selalu berjuang untuk menciptakan keindahan
    4. Merasa puas dengan hasil karyanya

Jawaban : C

  1. Dibawah ini ternasu k nilai ekstrinsik, kecuali…
    1. Baju itu motifnya bagus
    2. Warnanya serasi dengan kulitnya
    3. Modelnya bagus, pas dengan bentuk tubunya
    4. Dipakai untuk menutup aurat, melindungi dari rasa panas dan dingin

Jawaban : A

  1. Teori subyektif pada keindahan mengatakan…
    1. Ciri –ciri yang menyatakan keindahan itu tidak ada, yang ada hanya perasaan diri seseorang yang mengamati saja
    2. Ciri –ciri keindahan itu memang ada terletak pada bendanya itu sendiri
    3. Secara umum orang mengatakan bahwa keindahan pada itu memang ada
    4. Kendahan yang terlihat nyata

Jawaban : B

  1. Unsur pertentangan yang mengandung pengertian serasi adalah…
    1. Ani pakai baju merah, tas merah , sepatu merah , sehinggakelihtan serasi sekali
    2. Rumah bagus itu diantara bangunan dengan luas tanah ukurannya seimbang sehingga kelihatan serasi bila sedang berjalan bersama
    3. Anton badannya tinggi, punya pacar badannya tinggi pula sehingga kelihatan serasi bila sedang berjalan bersama
    4. Dosennya menerangkan, mahasiswanya mendengarkan sehingga trcipta suasana yang serasi dilelas itu

Jawaban : D

  1. Alasan / motivasi tujuan seniman menciptakan keidahan adalah sebagai berikut dibawah ini, kecuali…
    1. Tata nilai yang telah usang dan kemerosotan jaman yang harus segera disingkirkan melalui protes para seniman yang diungkapakan dalam karya seninya
    2. Karena penderitaan manusia yang biasanya sebagai akibat nafsu, ingin berkuasa, serakah, tidak berhati – hati dsb. Sehingga keadaan yang demikian inilah tidak menyenangkan karena nilai kemanusiaan telah diabaikan hal ini harus dilenyapkan, hal ini kemudian diungkapkan lewat karya – karya seninya
    3. Karena keagungan Tuhan yang dibuktikan dengan melalui keindahan alam dan keteraturan serta kejadian –kejadian pada alam sehingga karena kakagumannya para seniman menirunya lewat karya – karya seninya
    4. Karena untuk menghibur dirinya bagi para seniman agar hidupnya tidak jenuh

Jawaban : D

  1. Phobia merupakan sakit…
    1. Fisik
    2. Psikis
    3. Anatomi
    4. Keturunan

Jawaban : B

  1. Claustrophobia adalah…
    1. Rasa takut pada ruangan tertutup
    2. Rasa takut terhadap ruangan terbuka
    3. Rasa takut bila berada ditempat tinggi
    4. Rasa takut terhadap kegagalan

Jawaban : A

  1. Sebab –sebab terjadinya kekalutan mental adalahseperti tersebut dibawah in, kecuali…
    1. Kepribadian yang lemah
    2. Terjadinya konflik sosial budaya
    3. Cara pematangan batin yang salah
    4. Cara mengatur pola makan yang salah

Jawaban : D

  1. Kekalutan mental bisa mendorong seseorang kearah positif yaitu seperti…
    1. Usaha agar tetap survive dalam hidupnya seperti dengan melakukan sholat tahujud
    2. Trauma yang dialami diperlarutkan sehingga yang bersangkutan mengalami frustasi
    3. Acuh tak acuh dalam menghadapi kesuitan
    4. Tidak peduli dengan apa yang menimpa dirinya

Jawaban : A

  1. Agresif adalah bentuk – bentuk frustasi yang ditandai dengan…
    1. Berupa kemarahan yang meluap – luap akibat emosi yang tidak terkendali
    2. Pembatasan pada suatu pola reaksi yang sama seperti misalnya dengan membisu, memukul – mukul dada sendiri atau membnturkan – benturkan kepala pada benda keras
    3. Kembali pada pola reaksi yang primitive / kekanak – kanakan sepeerti menjerit – jerit , menangis meraung – raung atau memecahkan barang – barang
    4. Gejala menutup diri secara total dari dunia luar, tidalk berkomunikasi dengan orang lain, ia puas dengan fantasinya sendiri

Jawaban : A

  1. Pada jaman teknologi modern sekarang ini berita penderitaan cepat tersebar luas kepenjuru dunia, hal ini…
  2. Menguntungkan karena dapat menyentuh hati pembacanya atau pedengarnya
  3. Merugikan karena penderitaan diri sendiri tak perlu diketahui orang lain
  4. Hal yang memaluka karenanya tak perlu diberitakan
  5. Biasa – biasa saja karena tidak ada pengaruhnya

Jawaban : A